50 Tahun Lagi, Orang yang Meninggal Bisa "DIHIDUPKAN" Kembali Secara Virtual



Tidak ada hal yang lebih menyedihkan dari pada kita kehilangan orang yang kita sayang, apalagi orang itu benar-benar dekat dengan kita dan menjadi salah satu orang terbaik dalam hidup kita, namun bagaimana jika orang yang sudah meninggal ternyata bisa di bangkitkan dalam bentuk virtual, apakah bisa mengobati rasa sedih anda.

Orang yang telah meninggal akan 'dihidupkan' lewat proses 'photogrammetry' yang bakal membuat bayangan virtual orang tadi. Bayangan virtual itu dibuat berdasarkan foto atau video orang tadi dalam bentuk tiga dimensi.

Keluarga almarhum nantinya bisa berinteraksi dengan bayangan virtual tersebut, bahkan berbincang langsung. Segala kata yang diucapkan, gerakan, pola pikir, dan kesukaan manusia virtual tadi berasal dari data yang didapat dari akun sosial medianya.

"Di masa depan, Anda tidak akan pernah mengalami kehilangan orang yang dicintai. Anda juga dapat menambahkan mereka yang meninggal ke pohon keluarga virtual. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang berbasis emosi, anggota keluarga yang mati bisa tetap menjalin hubungan dengan yang masih hidup dan berevolusi secara digital" jelas McKewon, Daily Mail (28/10).

Apa yang dimaksud berevolusi secara digital? Nantinya 'otak' manusia virtual itu akan disambungkan dengan sosial media anggota keluarga lain. Jadi, semisal ada anggota keluarga yang memposting acara liburan hingga kelulusan ujian, maka manusia virtual tadi akan tahu dan bisa menggunakan topik-topik tadi sebagai bahan pembicaraan.

Soal suara pun tidak usah khawatir, sebab manusia virtual bisa dibuat menirukan suara orang yang meninggal berikut aksen bahasanya. Menarik atau menakutkan?

Bagaimana menurut anda, bukan nya malah menyeramkan jika kita bisa berinteraksi dengan orang yang meninggal walaupun dalam bentuk virtual