Pak Raden meninggal dunia di RS Pelni



Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini, apalagi mereka yang lahir di tahun 90an, pasti sangat mengenal sosok pak raden, sosok yang sangat dekat dengan si unyil ini di kabarkan telah tutup usia, walaupun dia sudah jarang terlihat di telivisi tapi masih banyak yang mengenang beliau.

Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) pukul 22.20 WIB. Meninggalnya tokoh kenamaan dalam film boneka Si Unyil, itu dibenarkan Ilona yang merupakan cucu dari Pak Raden.



“Iya benar, Pak Raden meninggal dunia pukul 22.20 WIB di Rumah Sakit Pelni, Petamburan,” kata cucu Pak Raden, Ilona, sebagaimana yang dikutip dari Kompas, Jumat malam.

Kondisi kesehatan Pak Raden sempat menurun drastis sejak siang sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya. Pria yang dikenal dengan belangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru kanan.

“Tadi siang masuk ke ICU (intensive care unit), dia ada infeksi berat di paru kanan. Dia juga demam tinggi. Waktu itu, ibuku nemenin,” ujar Ilona.

Namun, Ilona mengaku kurang mengetahui pasti riwayat kesehatan Pak Raden. “Aslinya aku enggak paham apakah penyakit parunya sudah menahun. Kan kondisi beliau juga sudah lemah, berjalan pun dibantu, dan perlu pakai kursi roda,” ujar Ilona.

Saat artkel ini ditulis, jenazah Pak Raden masih disemayamkan di Rumah Sakit Pelni. “Masih di Rumah Sakit Pelni. Keluarga baru meluncur ke sana,” katanya.

Pak Raden lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932. Pak Raden dikenal menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. Ia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963). Suyadi,yang dikenal juga sebagai Pak Raden meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 2015, pada jam 22.20 WIB dikarenakan sakit di RS. Pelni Petamburan, Jakarta Barat.

Banyak sudah yang di lakukan oleh sosok yang satu ini, dan pasti nya tanah air kita kehilangan sosok yang sangat berarti bagi kita.

selamat jalan pak raden semoga engkau tenang di sana