Ini nih Asal Usul Seblak....yang Belum Tau Masuk....!!



Anda tahu seblak, ya makanan khas kota bandung ini memang saat ini sedang buming di ibu kota, makanan yang terbuat dari kerupuk ini nyata nya bisa memikat lidah mereka yang pernah mencicipi nya, selain rasa nya yang enak ternyata seblak juga mempunyai asal usul yang unik.

Dugaan kecurangan kasir salah satu supermarket di Palembang, terungkap oleh seorang konsumen. Cerita itu dituangkan konsumen itu dalam akun Facebook Asef Fahrizal, Selasa (3/11) sekitar pukul 20.00 WIB.

konsumen-ungkap-dugaan-kecurangan-kasir-supermarket-di-palembang


Dalam statusnya, Asef menulis pengalaman pribadinya saat berbelanja di sebuah pasar swalayan ternama di kawasan Plaju Palembang. Tulisan itu diberinya judul 'BELAJAR JUJUR DARI PETUGAS KASIR'. Hingga saat ini, sudah ada 23 pengguna FB yang memberi Like status tersebut.

Berikut isi tulisan dari ceritanya tersebut:

Hari ini Selasa, 03112015 saat sedang membayar beberapa barang belanjaan yang saya ambil di kasir sebuah Swalayan Ternama di Plaju Palembang, ada hal yang perlu dijadikan pelajaran tentang kejujuran.

Dengan gesitnya sang kasir menscaning barang belanjaan satu demi satu, setelah selesai lantas sang kasir pun menyebutkan jumlah yang harus dibayarkan. "Delapan puluh tujuh ribu tiga ratus" ucap sang kasir.

mata saya langsung melihat harga yg tertera pada layar yang ternyata Rp 87.250 ternyata dia sudah berbohong Rp 50, (memang apalah artinya uang 50 perak sekarang ini)
Saya pun menyodorkan selembar uang kertas pecahan Rp 100.000.

Belum selesai sampai disitu, pada saat menyerahkan kembaliannya pun lagi-lagi ia berlaku tidak jujur
"Ini mas kembaliannya" sambil menyerahkan kembaliannya kepada saya beserta struk belanjanya, karena setelah saya lihat kembaliannya kurang, saya pun sampaikan kepada kasirnya, "kurang 200 mba". Kasirnya bingung atau pura2 bingung ia kembali melihat ke layar kasirnya, setelah ia cek dan ternyata benar ia lantas menoleh dan dengan rasa tidak enak (mungkin) lantas bilang "maaf mas gak ada uang 200an".

Lagi-lagi Warga Bandung mana yang kini tidak tahu seblak? Cemilan bercita rasa pedas dengan aroma kencur yang kuat itu memang sudah menjadi primadona akhir-akhir ini.





Seiring dengan naiknya pamor seblak, tahu kah Anda dari mana asal usul seblak itu? Seblak merupakan penganan khas Bandung yang sebenarnya mirip dengan makanan dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.

Tak sedikit yang menyebut bahwa seblak merupakan penganan asal Jawa Tengah. Hal tersebut dilatarbelakangi karena seblak sangat mirip Krupuk Godog yang sudah populer sejak 1940-an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000-an.

Pemilik Nanutz Mania Riza Rizki Adhiyaksa, mengatakan tak sedikit orang beranggapan bahwa seblak merupakan kerupuk kuning yang dimasak dengan cita rasa pedas. Padahal, seblak merupakan nama bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda.

"Ada kan yang mikir kalau seblak itu adalah kerupuk yang digoreng dan rasanya pedas. Padahal, seblak itu adalah bumbu. Nah kerupuk itu adalah topingnya," ujar Riza kepada Merdeka.com, Rabu (4/11).

Riza menjelaskan, kini seblak memiliki banyak varian. Mulai dari kerupuk kuning, makaroni, tulang, tahu, bakso, siomay, batagor, hingga mie lidi. Seblak kini menjadi makanan yang banyak penggemarnya, khususnya bagi kawula muda.

Dengan tekstur kenyal, seblak sangat nikmat disantap kala panas dan pedas. Tak sulit membuat seblak. Hanya perlu mengolah bawang merah, bawang putih, serta kencur dihancurkan menjadi satu. Kemudian ditumis dengan beragam toping, diberi air dan cabai.

"Saya membuat seblak sangat simple. Ini adalah seblak instan dengan dikemas menggunakan cup plastik lengkap dengan tutup dan lubang pembuangan air. Jadi masaknya kayak mie instan, tinggal seduh saja," tuturnya.

Bahkan tak hanya Nanutz Mania yang membuat seblak instan. Pengemasan beragam penganan yang dibuat praktis kini memang dicari. Untuk itu, Mommy Seblak juga membuat cemilan tersebut dengan instan.

Bahkan, kini ada varian seblak anyar, yakni rasa rendang. Kehadiran seblak rendang ini, dipaparkan oleh pemilik Mommy Seblak yakni Lofty Rainidi, karena rendang merupakan makanan asli Indonesia yang menjadi favorit.

"Basic-nya sama saja seblak hanya ada penambahan bumbu rendang. Jadi orang bisa mencicipi seblak dengan rasa baru dan penasaran. Enggak hanya yang itu-itu saja jadinya kan," ujar Lofty.masalah nominalnya, tapi sifat dan sikap jujur yang dimiliki sang kasir rasanya perlu jadi pelajaran, apa susahnya disampaikan saja nominal yang sebenarnya dan sampaikan saja jika memang uang kembaliannya kurang, mungkin akan lebih baik dan ia pun terlepas dari perilaku tidak jujur, coba bayangkan berapa banyak pelanggan yang jika di akhirat nanti harus ia temui karena harus mengembalikan hasil kecurangannya. Kasihan kan....
Na'uudzubillah min dzaalik...
Sebenarnya bukan kali pertama kejadian ini saya alami, sering juga terjadi di Minimarket-minimarket yang tersebar dimana-mana.
"Mulailah dari yang kecil, mulai dari sekarang dan mulai sejak dini untuk berbuat Jujur"

bagai mana menurut anda, pernahkah anda menikmati makanan khas kota bandung ini, atau anda sudah ketagihan dengan rasa nya, jika anda belum mencobai makanan ini maka tidak ada salah nya jika anda mencoba nya