Ribuan Orang Kemungkinan Tertular HIV dari Klinik Gigi



SUPERYOUR - Kurang lebih ada sekitar 11.000 pasien klinik gigi yang ada di negara australia di khawatirkan akan tertular penyakit HIV dan juga hepatitis karena alat yang di gunakan oleh dokter kurang steril atau bersih, Ribuan pasien tersebut segera diminta untuk menemui dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka.

Pejabatan kesehatan yang ada di negara bagian New South Wales telah mengatakan 12 dokter gigi yang ada dari 4 klinik telah di dakwa kalau mereka mengabaikan kebersihan alat-alat mereka sehingga membuat alat mereka menjadi kurang steril. Pasien yang pernah berobat kedokter tersebutpun diminta untuk melakukan pemeriksaan karena ditakutkan terkena penyakit HIV dan Hepatitis A,B, dan C.

Meski sampai detik ini belum ditemukan kasus penularan penyakit HIV namun dokter menyarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka untuk pencegahan.

"Penting untuk menekankan bahwa sejauh ini tidak ada bukti infeksi dan juga penularan, tapi para pakar mengingatkan bahaya penularan dari fasilitas klinik itu," kata Jeremy McAnulty direktur pencegahan penyakit di New South Wales.

Kecemasan tersebut muncul karena alat yang di gunakan oleh sang dokter tidaklah steril sehingga akan sangat mudah menyebarkan penyakit.