Unik...Makam ini Mirip dengan Taman Bermain



Apa yang pertama kali ada di benak kita ketika kita membicarakan pemakaman, tentu saja yang terbayang di benak kita adalah sebuah tempat yang menyeramkan yang sunyi dan senyap dan pasti nya akan banyak hantu disana, namun kesan itu semua tidak akan nampak pada pemakaman yang satu ini.

Makam atau kuburan identik dengan suasana hening atau bahkan menyeramkan. Namun tidak dengan makam yang satu ini.

Pemakaman Tulcan di Ekuador sama sekali tak terkesan menyeramkan, tetapi justru penuh keceriaan. Pasalnya, makam-makam di sana dibuat dengan berbagai bentuk lucu dan unik seperti binatang, simbol inka, dan lainnya.

Dilansir dari situs resmi wisata Ekuador, ecuador.travel, dahulu kompleks pemakaman ini sama dengan kebanyakan kuburan lainnya, tampak menyeramkan. Namun seorang tukang kebun yang juga menjaga makam ini telah mengubah citra mistis sebuah makam menjadi tidak menakutkan.

Adalah Jose Maria Azael Franco, seorang tukang kebun yang memiliki inisiatif tersebut. Alih-alih memangkas habis semak pembatas, ia justru mendekorasi menjadi berbagai bentuk yang imut.

Orang-orang yang bukan penduduk asli Tulcan seringkali tak mengira jika tempat ini adalah pemakaman. Mereka mengira ini sebagai taman bermain. Alhasil pemakaman Tulcan kini menjadi tujuan wisata baru.

Setelah Franco meninggal tahun 1985, karyanya ini tetap dirawat oleh kelima anaknya serta para penjaga makam lainnya. Ia pun dimakamkan pula di Tulcan.

Saat ini sudah ada lebih dari 100 semak yang dibuat menjadi beraneka bentuk. Pemakaman Tulcan pun hingga kini semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. (Ism) 

Bagaimana indah bukan pemakaman tersebut, pasti kita tidak iseng lagi ketika berkunjung ke pemakaman