Awas, Hal Ini Sebabkan Doa Orangtua untuk Anak Ditolak Allah



SUPERYOUR - Setiap orang tua selalu menginginkan kalau anaknya nanti akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari pada dirinya, para orang tua akan memberikan dukungan mereka baik secara moril maupun materil agar bisa membuat sang buah hatinya menjadi pribadi yang sukses. namun hal yang terpenting yang harus dilakukan oleh orang tua adalah selalu memberikan doanya kepada anak-anaknya.

Banyak sekali hadist yang telah mengatakan bahwa doa yang di berikan orang tua kepada anaknya sangatlah mujarab bahkan doa seorang ibu akan mampu menembus langit dan langsung dihijabag oleh Allah SWT. Begitu dasyatnya doa orang tua kita seharusnya itu akan menyertai kita di setiap perjalanan kehidupan kita.

Namun ternyata ada beberapa tindakan orang tua yang membuat Allah menolak doa-doa mereka untuk anak-anaknya, Apapun doanya tidak akan di hijabah jika orang tua dari sang anak melakukan hal-hal ini, apa sih tindakan yang membuat doa orang tua tidak di hijabah oleh Allah ?

Doa orang tua yang tidak di hijabah Allah adalah doa orang tua yang memberikan anak-anaknya nafkah dari uang haram atau syubhat. Ketika anak-anak mendapatkan asupan makanan dari uang yang haram atau syubhat maka salah satu efeknya adalah doa yang di panjatkan orang tua untuk anaknya tidak akan di jawab oleh Allah. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah Maha Baik dan hanya menerima yang baik. Sesungguhnya Allah telah memerintahkan orang-orang mukmin untuk sama seperti yang diperintahkan kepada para nabi. Kemudian beliau membaca firman Allah yang artinya, ‘Wahai para rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amal shalih. ’ Dia juga berfirman yang artinya, ‘Hai orang-orang mukmin, makanlah makanan yang baik yang telah Kami anugerahkan kepadamu. ’ Kemudian beliau menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh hingga rambutnya kusut dan kotor, ia menengadahkan tangannya ke langit seraya berdoa, ‘Ya Rabb, ya Rabb’. Akan tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan ia kenyang dengan yang haram. Maka bagaimana mungkin doanya dikabulkan.” (HR. Muslim)

Para ulama pun menerangkan hadist ini bahwa laki-laki yang telah di jelaskan di atas sudah memenuhi dari kriteria terkabulnya doa dan kriteria yang disebutkan adalah, musafir, lelah, dan dia mengadahkan kedua tangan dan sangat berharap kepada Allah.

Akan tetapi Nabi Muhammad juga telah menjelaskan dalam hadist tersebut kalau doa laki-laki tersebut akan tetap di tolak karena masih menggunakan barang haram.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Ketahuilah, bahwa suapan haram jika masuk dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (Riwayat At Thabrani).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali nereka lebih utama untuknya.” (Riwayat At Tirmidzi).

para orang tua sebaiknya saat ini anda memberikan nafkah kepada keluarga anda dengan rizki yang halal agar doa-doa anda tidak di tolak oleh Allah.