Ini Dia 5 Dosa Para Suami yang Menjadi Keresahan Para Istri



SUPERYOUR - Pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang akan mengikat antara laki-laki dan juga wanita menjadi sepasang suami istri lengkap dengan hak dan juga kewajiban nya.

Seperti yang kami kutip dari eberita.org, namun terkadang sepasang suami istri akan terperosok kedalam dosa dan juga kesalahan terhadap pasangan mereka hingga melukai dan juga meresahkan.

Sebab dosa-dosa yang terjadi terhadap pasangan selain akan mendapatkan kemurkaan dari Allah ternyata itu juga menjadi salah satu penghambat dalam mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah dan juga wa rahmah.

Setiap pasangan suami istri pasti pernah melakukan dosa dan juga keselahan, namun ada dosa dan juga kesalahan yang akan mereahkan jiwa pasangan jika di bandingkan dengan kesalahan lainnya.

1. Berburuk sangka kepada istri

Berburuk sangka dalam agama islam merupakan hal yangh di haramkan, meskipun pada dasarnya berburuk sangka adalah amalan hati namun ternyata itu semua bisa mempengaruhi ucapan dan juga segala macam perbuatan sehingga akan membuat sang istri menjadi resah karena mereka akan selalu di curigai dan di anggap bersalah di mata suami nya.

يَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ
“Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Malas Mencari Nafkah

Di antara kewajiban suami kepada istrinya adalah memberikan nafkah dan di antaranya adalah nafkah yang merupakan tempat tinggal, pakaian dan juga makanan.


وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ
“Mereka (istri-istri itu) berhak mendapatkan nafkah dan pakaian yang layak, yang menjadi tanggung jawab kalian (para suami)” (HR. Muslim)

Dan sang suami akan sangat berdosa jika mereka malas untuk mencari nafka untuk istri dan juga anak-anaknya.

3. Pelit Memberikan Nafkah

Ini agak sedikit berbeda dengan pernyataan yang ada sebelum nya, sang suami sudah rajin mencari nafkah bahkan tergolong sudh kaya namun dia sangat pelit untuk memberikan nafkah kepada istrinya.

Ibnu Qudamah menegaskan, “Memberikan nafkah kepada istri hukumnya wajib sebagaimana firman Allah dalam surat Ath Thalaq ayat 7.
لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آَتَاهُ اللَّهُ
“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Sedangkan orang yang disempitkan rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya…” (QS. Ath Talaq: 7)

4. Tidak Memberikan Nafkah Biologis Kepada Istrinya

Dosa lain yang sangat meresahkan sang istri adalah ketika suaminya tidak pernah memberikan nafkah biologis kepada dirinya, suami yang tidak memberikan nafkah biologis kepada istrinya termasuk dosa karena sang suami mempunyai kewajiban untuk memenuhi itu semua.

5. Menghianati cinta sang istri

Jika sang suami menghianati cinta sang istri hal itu termasuk dosa yang sangat besar.