Subhanallah. . Ternyata Ini Orang Indonesia Pertama yang Pernah Menjadi Imam Besar di Masjidil Haram



SUPERYOUR - Di dalam panggung sejarah, agama islam sudah sejak lama dikenal oleh mereka para penduduk yang ada di melayu.

bahkan menurut salah satu Ustad yaitu Abdul Malik bin Abdul Karim bin Amrullah rahimahullah atau yang biasa lebih dikenal dengan panggilan Hamka, dia mengatakan kalau islam sudah mengepakan sayapnya kenegara melayu sejak abad pertama hijriah.

Selama ini kita selalu berfikir kalau orang yang menjadi imam besar di masjidil haram hanyalah orang yang berasal dari negara arab saja, namu ternyata anggapan kita itu selama ini tidaklah benar.

Faktanya ada warga indonesia yang lebih tepatnya putra dari minangkabau atau sumatra barat yang pernah di pilih untuk menjadi salah satu imam besar, khatib dan juga menjadi salah satu guru besar di negara makkah sana.

Beliau mempunyai nama Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah.

Syaikh Khatib ini pernah ditunjuk menjadi imam besar untuk masjidil haram arab saudi.

ternyata tidak hanya itu saja beliau juga merupakan salah satu mufti bermahaz syafi'i yaitu ulama yang mempunyai wewenang untuk bisa memberikan fatwa kepada umat islam yang berada pada abad ke 19.

beliau mempunyai nama lengkap Al ‘Allamah Asy Syaikh Ahmad bin ‘Abdul Lathif [bin ‘Abdurrahman] bin ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz Al Khathib Al Minangkabawi [Al Minkabawi] Al Jawi Al Makki Asy Syafi’i Al Atsari rahimahullah.

seperti yang kami kutip dari muslim.or.id bahwa syaikh ahmad al khatib ini di lahrikan di desa koto tuo kota gadang Kec. Ampek Angkek Angkat Candung, Kab. Agam, Prov. Sumatera Barat pada hari Senin 6 Dzul Hijjah 1276 H bertepatan dengan 26 Mei 1860 M di tengah keluarga bangsawan.

kakek dari syaikh yang satu ini juga merupkan salah satu ulama besar di kota gadang yang namanya sudah tidak asing lagi oleh warga situ.

sejak saat itu lah gelar khatib nagari melekat dibelakang namanya dan kemudian berlanjut keketurunannya di kemudian hari.

sejak masih kecil beliau sudah bisa menghafal juz dalam al-quran dan juga khatam. tapi sayang nya pada tanggal 13 maret 1916 syaikh khatib menghembuskan nafas terakhir nya di dunia ini.

Meskipun saat ini beliau sudah wafat namun namanya akan selalu di kenang terutama di kalangan para santri dan juga penerus mahzab syafi'i.