5 Ibadah Ini Membuat Muslimah Semakin Cantik



Setiap perempuan terlahir dengan keunikan dan kecantikan. Tidak melulu masalah paras, namun kecantikan sejati adalah kebaikan hati. Bukan hanya kecantikan dari luar, kebaikan hati juga akan memancarkan kecantikan dari dalam diri.

Hal yang bisa membuat wanita selalu menjaga hati adalah dengan beribadah. Wujud ketaatan kepada Allah ini akan senantiasa membuat wanita berhati-hati dalam bertindak dan perilaku.

Dari sekian banyak ibadah baik wajib maupun sunnah, ternyata banyak diantaranya yang membuat wanita akan semakin cantik. Bukan sembarangan, hal ini didukung dengan kajian ilmiah yang menguatkan.

Sehingga tidak hanya cantik dari luar, namun kecantikan juga akan terpancar dari dalam. Apa saja ibadah tersebut?

1. Wudhu

Ibadah pertama yang bisa membuat wanita semakin cantik adalah berwudhu. Ibadah ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Ketika akan salat, maka laki-laki atau perempuan harus melaksanakan ibadah wudhu terlebih dahulu.

Bukankah Nabi Muhammad juga pernah menjelaskan bahwa pada hari kiamat nanti Ia bisa mengenali umatnya karena ada bekas wudhu.

"Sejatinya ummatku pada hari qiyamat akan datang dalam kondisi wajah dan ujung-ujung tangan dan kakinya bersinar pertanda mereka berwudlu semasa hidupnya di dunia“ (diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim).

2. Salat Tahajud

Salat juga bisa menambah kecantikan para muslimah. Terlebih salat tahajud yang dilakukan pada malam hari ketika banyak orang memilih untuk tidur. Rasulullah SAW mengatakan bahwa Salat Tahajud bisa membuat wajah lebih berseri-seri.

"Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas." (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari". (HR. Ibnu Majah)

3. Puasa

Wanita di luar sana melakukan diet ketat demi bisa mendapatkan tubuh ideal. Tidak jarang kegiatan ini justru menimbulkan penyakit. Dari pada diet namun tidak bernilai ibadah, sebagai muslimah sebaiknya mencoba cara diet yang bernilai ibadah berikut ini.

Ya, dengan berpuasa kita tidak hanya menahan diri dari lapar saja, namun juga dari nafsu dan syahwat, dari amarah dan mengendalikan emosi.

4. Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah sama dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain. Hal ini menghindarkan muslimah dari kecintaannya terhadap duniawi. Orang yang cinta dunia akan lebih cepat stres memikirkan apa yang bisa dibeli lagi, bagaimana menyimpan uang agar menjadi banyak, memikirkan barang-barang milik tetangga yang harganya lebih mahal.

5. Dzikir

Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah SWT dengan lafadz-lafadz. Tidak dipungkiri bahwa ibadah ini akan memunculkan ketenangan jiwa. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam Alquran. Bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan terasa tentram.

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram". (QS. Ar Ra’d : 28)

sumber : http://www.dream.co.id/your-story/5-ibadah-ini-membuat-muslimah-semakin-cantik-1512215.html