Inilah Detik-detik Pengeboman di Sarinah Tamrin Terjadi



Penembakan yang mengiringi dua ledakan di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, mengenai seseorang yang ikut berkerumun di halaman pusat perbelanjaan Sarinah. Hingga berita ini diturunkan Tempo belum dapat memastikan identitas korban. 

Subekti, fotografer Tempo yang berada tak jauh dari lokasi ketika ledakan terjadi, menuturkan tembakan tersebut muncul tak lama setelah ledakan pertama terjadi di pos polisi seberang mal Sarinah. Waktu itu, pengunjung mal berhamburan ke luar mal untuk melihat asal bunyi ledakan. 

Suara tembakan terdengar selang lima menit setelah ledakan pertama. Diduga tembakan mengarah ke kerumunan orang di Sarinah. “Ada satu orang memakai baju biru tertembak di dada dan leher, langsung jatuh,” kata Sukbekti, Kamis, 14 Januari 2015. 


Tak lama setelahnya, seorang yang diduga pelaku penembakan tampak berlari ke arah Monas. Beberapa warga terlihat sempat mengejarnya. 

Namun, selang lima menit kemudian, ledakan kedua terjadi. Kali ini berasal dari sebuah mobil hitam tipe SUV yang terparkir di jalan raya depan Sarinah. “Kayak mobil gunung gitu," kata Subekti. 

Seperti diberitakan, ledakan yang diduga bom terjadi di sebuah pos polisi depan mal Sarinah, sekitar pukul 10.50 WIB. Ledakan bom itu diduga melukai seorang polisi dan dua orang lain yang belum diketahui identitasnya.