'Iron Man' Asal Bali Heboh Diberitakan Media Asing



Pemuda berusia 31 tahun asal Bali, I Wayan Sumardana alias Tawan heboh diberitakan media asing 9gag. Pemuda lulusan sekolah kejuruan itu berhasil menciptakan tangan robot yang digerakan dengan otak.

Dalam foto dirilis 9gag, Tawan disebut sebagai Iron Man sebenarnya. Dari caption foto media berbasis di Hongkong itu disebutkan, pria Tawan memiliki seorang istri dan tiga orang anak namun hidup dengan segala ketebatasan. Bahkan bisa dikategorikan miskin.

Media itu juga menulis, Tawan hanya bekerja di sebuah bengkel las. Sekitar enam bulan lalu tiba-tiba tangan kirinya tidak bisa digerakan, dokter mendiagnosa lelaki itu menderita stroke.

Berbekal pengetahuan tentang elektronik dan mesin selama sekolah kejuruan Tawan menciptakan tangan robot yang dikontrol dengan otak. Fikirannya harus fokus ketika hendak memindahkan barang dengan menggunakan tangan kirinya.

"Fikiran saya harus fokus supaya bisa menggerakan tangan robot ini," kata Tawan seperti ditulis 9gag.

Tangan robot tersebut hanya dibuat dari barang bekas, seperti spare part motor, komponen komputer bekas dan barang bekas lainnya yang dia temukan.

Dengan tangan robot tersebut kini Tawan bisa bekerja kembali, tangan kirinya berfungsi kembali layaknya tangan kanan. Kini dia bisa menghidupi kembali keluarganya.

Foto Tawan diberitakan media asing:


sumber : http://www.money.id/inspiratory/iron-man-asal-bali-heboh-diberitakan-media-asing-160119c.html