Terlalu Banyak Duduk Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua



Apakah Anda merasa proses penuaan menghampiri diri Anda dengan cepat? Jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lihat di cermin, mungkin sudah saatnya untuk mengevaluasi beberapa rutinitas sehari-hari.
Makanan yang kita makan, bahkan cara tidur juga dapat membuat wajah kita terlihat lebih tua. Kedua hal itu juga mungkin mempersingkat umur kita. Cukup krusial bukan? Berikut ini merupakan kebiasaan yang mempercepat proses penuaan menurut para ahli dan cara menghadapinya:

1.Multitask. 

Jika daftar agenda tidak ada habis-habisnya, kehidupan yang sibuk tersebut akan menyebabkan stres dan melelahkan tubuh kita. Menurut Raymond Casciari, MD, chief medical officer pada Rumah Sakit St. Josephd di kota Orange, California, orang-orang berpikir multitasking baik untuk dilakukan, tapi sebenarnya kita tidak dapat menyelesaikan tugas tersebut. Justru hanya membuat kita menjadi stres. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa stres kronis dapat memicu pelepasan radikal bebas, dan merusak sel-sel yang berhubungan dengan penuaan. Casciari menyarankan, untuk berkonsentrasi pada satu tugas di satu waktu, dan kerjakan tugas lain setelah tugas sebelumnya telah selesai.

2. Jarang melewatkan hidangan penutup. 

Selain menambah berat badan kita, hidangan penutup dapat membuat wajah kita terlihat lebih tua. Susan Stuart, MD, dermatologi di San Diego, California mengatakan, hal itu disebabkan oleh molekul gula yang mengikat serat protein di setiap sel-sel tubuh. Akibatnya, akan muncul lingkaran hitam di bawah mata, membuat kerutan, hilangnya kontur wajah, dan ukuran pori-pori yang meningkat. Jadi, lewatilah hidangan penutup bila kita ingin membuat wajah tetap bercahaya.

3. Tidur yang tidak cukup. 

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan timbulnya kantong mata yang gelap. Tapi, juga dikatikan dengan siklus hidup yang pendek. Menurut Casciari, tidur yang optimal membutuhkan waktu sekitar tujuh jam. Ia juga menyarankan untuk tidur lebih awal jika kita memiliki gejala-gejala kurang tidur dan kurangnya energi di siang hari.

4. Menonton televisi terlalu lama. 

Dalam British Journal of Sports Medicine study menyebutkan, penelitian terhadap 11.000 warga Australia dengan usia 25 tahun dan mereka yang lebih tua. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap jam yang ditonton, orang yang lebih tua memotong harapan hidup mereka sekitar 22 menit. Apalagi bagi orang yang menghabiskan waktu selama enam jam di depan televisi. Harapan hidup mereka akan turun hingga lima tahun dibanding dengan orang yang tidak menonton televisi. Casciari menyarankan, bangunlah setiap 30 menit untuk berjalan ketika kita sedang menontont atau duduk.

5. Menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk. 

Terlalu lama dalam posisi duduk, dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, penyakit jantung, dan kanker. Solusinya, tentu dengan berolahraga yang dapat mencegah penyakit tersebut. Menurut British Journal of Sports Medicine, orang yang berolahraga selama 150 menit tiap minggu, dapat meningkatkan harapan hidup yang lebih lama, 10 hingga 13 tahun ke depan dibandingkan mereka yang tidak aktif bergerak.

6. Menggunakan sunscreen hanya saat berlibur.

 Menjalankan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, dapat membuat kerusakan pada kulit kita. Menurut Sarah L. Taylor, MD, profesor dermatologi mengatakan, nomor satu penyebab hampir setiap tanda penuaan dini pada wajah manusia adalah paparan ultraviolet. Sinar itu juga tetap memancar bahkan saat berawan ataupun hujan. Ia menyarankan kita untuk menggunakan sunblock ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit kita dari paparan sinar tersebut.
(Health.com)