Tidur Dalam Gelap Bisa Turunkan Berat Badan




Ingin menurunkan berat badan? sederhana cukup dengan matikan lampu saat tidur. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Pineal Research, cara ini terbukti membuat hormon melatonin membantu tubuh memproduksi jenis khusus dari lemak pembakaran kalori.

Dalam studi tersebut, tim ilmuwan Spanyol dan Amerika melakukan percobaan dengan menggunakan 16 tikus. Beberapa tikus diberi minum air melatonin yang disempurnakan, sementara yang lain minum air biasa.

Pada akhir penelitian, para peneliti memeriksa tubuh setiap hewan untuk sel-sel lemak putih dan coklat. Lemak Putih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sementara lemak coklat membakar kalori bermanfaat penurunan berat badan.

Menariknya dikutip Womenshealthmag, Jumat 22 Januari 2016, tikus yang minum air melatonin memiliki lebih kalori, lemak putih berubah menjadi lemak cokelat.

Profesor di University of Texas Departemen Biologi Seluler dan Struktural yang juga Rekan penulis studi Russel Reiter, Ph.D mengatakan melatonin dapat memicu produksi lemak coklat bahkan mengubah beberapa lemak putih menjadi lemak coklat.

Jika efek ini diterapkan ke manusia melatonin bisa menjadi kunci untuk membakar lebih banyak kalori tanpa perlu diet. Sementara penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa latihan dan suhu dingin dapat memicu produksi lemak coklat juga.

"Melatonin bahkan lebih aman daripada kebanyakan OTC obat penghilang rasa nyeri," kata Reiter.

sumber : http://www.dream.co.id/fresh/tidur-dalam-gelap-bantu-turunkan-berat-badan-160122y.html